Sejarah Taman Siswa, Begini Latar Belakangnya!


Tokoh Pendiri

    Taman Siswa didirikan oleh Suwardi Suryaningrat atau Ki Hajar Dewantara. Salah satu semboyan yang dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara yakni Ing ngarso sung tulodho (guru memberi contoh/teladan), ing madya mangun karsa (guru mampu memotivasi siswanya), tut wuri handayani (guru membimbing siswanya). Tut Wuri Handayani yang sekarang menjadi semboyan pendidikan nasional. Melalui Taman Siswa, Ki Hajar Dewantara mampu mencetak generasi yang memiliki jiwa nasional.


Waktu & Lokasi

    Taman Siswa (Taman berarti tempat bermain atau tempat belajar, dan Siswa berarti murid) adalah nama sekolah yang didirikan oleh Ki Hadjar Dewantara pada tanggal 3 Juli tahun 1922 di Yogyakarta. Pada waktu pertama kali didirikan, sekolah Taman Siswa ini diberi nama "National Onderwijs Institut Taman Siswa", yang merupakan realisasi gagasan Dewantara bersama-sama dengan teman di paguyuban Sloso Kliwon


Latar belakang

    Latar Belakang berdirinya organisasi taman siswa disebabkan karena pendidikan di Indonesia pada masa penjajahan Belanda hanya dapat dinikmati bagi golongan kelas atas, seperti anak kalangan para raja, konglomerat dan bangsawan. Sehingga rakyat golongan menengah kebawah tidak dapat menikmati pendidikan yang selayaknya didapat. Taman Siswa didirikan untuk mengenalkan pendidikan kepada masyarakat Indonesia agar menjadi bangsa yang merdeka. Perguruan Taman Siswa berkembang hingga terbentuk Taman Indriya sebagai sekolah untuk taman kanak-kanak dan Perguruan Tinggi Sarjanawiyata Taman Siswa.

Komentar

Postingan Populer