Mengenal Ecoprint, Teknik Mencetak Dengan Bahan Alami

    Pernahkah kalian mendengar istilah Ecoprint? Atau istilah ini masih asing di telinga kalian? Langsung saja kita bahas lebih lanjut mengenai Ecoprint melalui artikel ini. Simak sampai habis, ya!


Apa itu Ecoprint?


    Ecoprint adalah teknik mentransformasi atau mencetak dengan pewarnaan yang berbahan dasar tumbuhan alami. Ecoprint sendiri memiliki beberapa teknik, teknik yang sering dikenal yaitu teknik tumbuk.
    Teknik Ecoprint ini merupakan hasil dari perkembangan teknik Ecodyeing, yaitu memberi pewarnaan dengan bahan alami melalui proses pengukusan. Kemudian Indiana Flint  pada tahun 2006 mengembangkan teknik tersebut menjadi teknik ecoprint. Saat itu Flint menempelkan tanaman yang mempunyai pigmen warna dan menempelkannya pada kain yang berserat alami.


Manfaat Ecoprint

    Ecoprint ini sangat bermanfaat untuk menjaga lingkungan kita agar tetap lestari, dengan memanfaatkan bahan alami dalam pembuatannya dapat mengurangi limbah tekstik yang mampu mencemari lingkungan. Kita juga dapat menyalurkan ide dan kreativitas kita dalam membuat Ecoprint sendiri, dengan bahan alami konsumen juga terhindar dari gangguan kesehatan yang disebabkan oleh bahan-bahan kimia.

Berikut adalah beberapa contoh hasil dari Ecoprint.


Komentar

Postingan Populer