Langkah K3 Pada Kamera, Apa Itu K3?


    Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012, pengertian keselamatan dan kesehatan kerja atau K3 adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Jadi K3 adalah bagaimana cara kita menjaga segala hal yang berkaitan dengan pekerjaan, tak hanya fisik, alat yang digunakan dalam bekerja juga harus diperhatikan langkah K3-nya, sama halnya dengan kamera. Berikut Langkah K3 pada kamera.



Langkah K3 Pada Kamera


1. Kamera
    Jangan menyentuh bagian tirai shutter speed dengan jari tangan karena akan berpengaruh pada keakuratan kecepatan buka tutup tirai. Usahakan menyimpan kamera pada penyimpanan yang kering dan tidak lembab atau menyimpannya pada kotak khusus penyimpanan kamera (dry box) agar terhindar dari kerusakan yang diakibatkan karena jamur. Jangan menyimpan kamera dengan kapur barus karena residu kapur barus yang menyublim di udara akan menempel pada bagian kamera. Segera bersihkan kamera setelah digunakan di area pantai karena udara pantai bisa bersifat korosif sehingga dapat merusak kualitas dan kekuatan bahan kamera.

2. Lensa Kamera


    Jangan arahkan langsung kaca lensa ke matahari karena bisa mengakibatkan kerusakan pada coating. Jaga kebersihan dan kualitas bagian kaca lensa dengan cara memberikan filter lensa anti ultraviolet dan jangan menyentuh dengan jari tangan pada bagian kaca lensa karena bisa mengakibatkan tertinggalnya bekas lemak dari kulit tangan. Tutup kembali bagian lensa dengan penutup lensa.

3. Baterai
    Lepaskan bateri dari peralatan apabila tidak digunakan agar tidak terjadi kebocoran cairan dari baterai yang bisa merusak peralatan yang bersangkutan. sebelum menggunakan peralatan selalu dicek ulang kondisi isi baterai jangan sampai terjadi kondisi kekurangan daya dikarenakan lupa dilakukan isi ulang sebelumnya.

Komentar

Postingan Populer