Perbedaan Universitas, Institut, dan Perguruan Tinggi Lainnya. Memang Apa Bedanya?

     Perguruan tinggi memang terbagi menjadi beberapa macam, mungkin bagi para peserta didik yang duduk di bangku SMA, SMK, maupun MA, informasi ini sangat penting apalagi yang sudah berada di penghujung sekolah menengah untuk menentukan pendidikan selanjutnya. Memang ada apa saja sih macam-macam perguruan tinggi? Yuk, simak artikel ini sampai akhir untuk mendapatkan informasinya.


Universitas Indonesia
1. Universitas

    Mungkin kalian sudah tak asing lagi dengan sebutan ini, Universitas sendiri adalah perguruan tinggi yang terdiri dari berbagai fakultas dengan penyelenggaraan dari berbagai disiplin ilmu. Universitas memiliki berbagai macam fakultas yang didalamnya masih terdapat bermacam prodi (program studi). Contohnya Fakultas Kedokteran (FK) yang didalamnya terdapat prodi pendidikan dokter, ilmu keperawatan, kedokteran gigi, maupun yang lainnya. Universitas memiliki gelar yang berbeda-beda, diantaranya Ahli Madya D3 dengan gelar (A.M.d), Sarjana terapan (D4) dengan gelar (S.Tr), Sarjana (S1), Master (S2), dan Profesor (S3).

2. Institut

    Perguruan tinggi pada institut ini tidak memiliki fakultas sebanyak universitas, institut merupakan perguruan tinggi yang berfokus pada beberapa ilmu rumpuni, dengan memiliki satu sampai tiga fakultas yang didalamnya terdapat sejumlah program studi. Contohnya Institut Teknologi Bandung, yang memiliki fakultas teknik, bisnis, dan desain.

3. Politeknik

    Politeknik merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan, keterampilan, dan ilmu terapan. Politeknik sendiri hanya menyediakan jenjang studi vokasi dengan mengutamakan pendidkan pada praktik, tujuan perguruan tinggi politeknik yaitu berfokus pada persaingan didunia kerja. Politeknik terdiri dari D3 (Diploma), dan D4 (Sarjana Terapan), dengan berbagai macam fakultas yang tak sedikit.

4. Sekolah Tinggi

    Perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi, sekolah tinggi terdiri dari satu fakultas dengan beberapa program studi. Contohnya Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dengan program sudi Akutansi, Ekonomi, Manajemen, PABEANAN, dan lainnya yang berkaitan dengan pemerintahan yang membangunnya. Biasanya Sekolah Tinggi ini dikenal setelah lulus untuk menjadi PNS.

5. Akademi

    Yang terakhir yaitu akademi, akademi merupakan perguruan tinggi yang berfokus hanya pada satu pendidikan rumpuni. Contohnya seperti Angkatan Tentara, Angkatan Polisi, maupun lainnya. Akademi terdiri dari satu fakultas dengan beberapa program studi, untuk tes masuk akademi memiliki perbedaan dimana nantinya hanya ada satu jalur yaitu tes mandiri.


Nah, itu tadi beberapa perbedaan perguruan tinggi, bagaimana? Sudah mendapat pencerahan? Semoga informasi yang disampaikan dapat berguna bagi kalian semua.




Komentar

Postingan Populer