Martin Cooper, Sang Penemu Telepon Genggam

    Martin Cooper merupakan seseorang yang pertama kali menemukan handphone atau telepon genggam, bahkan dirinya sendiri pun tak pernah membayangkan kalau bisa membuat telepon selular berukuran kecil tanpa kabel yang bisa dibawa kemana saja. Martin Cooper memiliki nama lengkap, yaitu Martin Marty Cooper dan ia lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat pada tanggal 26 Desember 1928. Martin Cooper sangat ingin melakukan komunikasi dengan orang lain dengan personal dan bebas serta tanpa menggunakan pesawat telepon, sehingga ia berpikir untuk menciptakan sebuah alat elektronik seperti itu. Hingga pada tahun 1970, ia mulai melakukan penelitian dan pengembangan terhadap sebuah alat komunikasi tanpa kabel.

Motorola adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang telekomunikasi yang berpusat di Amerika Serikat.

    Barulah pada tahun 1973 atau lebih tepatnya pada tanggal 17 Oktober 1973, Martin Cooper dan para insinyur yang membantunya menciptakan telepon genggam dan John F. Mitchell mulai mematenkan hasil temuannya itu dan penemuannya itu diberi nama Radio Telephone System.

Mereka mulai mengajukan penemuannya itu dengan nomor paten 3906166. Barulah pada bulan September 1975, temuan Radio Telephone System memiliki hak paten atas nama mereka.

Komentar

Postingan Populer