Apa itu Kamera? Penjelasan dan Fungsi Dari Kamera

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kamera merupakan kotak kedap sinar yang dilengkapi dengan lensa dan menyambung pada lubang lensa sebagai tempat objek yang akan direkam dengan menggunakan alat pekat cahaya. Sedangkan pengertiannya yaitu kamera adalah seperangkat perlengkapan elektronik yang memiliki fungsi untuk mengabadikan suatu momen ataupun objek menjadi sebuah gambar yang dapat dicetak.

Kamera adalah alat yang paling populer yang digunakan untuk fotografi. Nama ini didapat dari bahasa latin “camera obscura” atau ruang gelap. Kamera sendiri dapat mengambil sebuah gambar dengan cara memanfaatkan cahaya yang ada di sekitarnya, seperti cahaya matahari. Secara umum, kamera memang berfungsi untuk menangkap gambar atau objek tertentu. Berikut adalah beberapa fungsi kamera dilihat dari segi penggunaannya.


Fungsi Kamera

1.       Sebagai Media Komunikasi

Foto yang diambil melalui jepretan kamera sering dijadikan sebagai media komunikasi untuk menyampaikan sebuah pesan didalamnya. Kamera adalah sebuah alat perekam yang dapat menyimpan memori serta cerita yang dapat mewakili pencerita melalui potret yang ditangkapnya.

2.       Sebagai Pengekspresian Diri

Melalui kamera, seseorang dapat mengekspresikan dirinya dengan bebas tanpa batasan. Biasanya kamera dijadikan sebagai alat untuk menghasilkan seni dengan menyampaikan isi cerita yang dimasukkan ke dalamnya.

3.       Alat perekam Ingatan

        Kamera dapat mengembalikan ingatan seseorang pada sebuah momen maupun peristiwa penting dan bersejarah. Contohnya dalam kegiatan penting maupun bersejarah dapat diabadikan dengan kamera dan bisa dijadikan sebagai bahan pendidikan.


Komentar

Postingan Populer