Apresiasi Seni Tari, Penilaian Tari Flamenco Menurut Unsur Utama Tari


        Flamenco adalah sebuah pertunjukan musik dan tari yang berasal dari Spanyol. Kesenian ini berkembang di Andalusia sejak abad ke-14. Pertunjukan Flamenco mendapat penghargaan sebagai Warisan Budaya Dunia. Flamenco dibawa dari India sebagai tarian istana Moor pada abad ke-14 dan kemudian dikembangkan oleh kaum Gipsi (Gitanos atau Flamencos) yang tinggal di Andalusia dengan memodifikasi gaya klasik. Seperti tarian India, Flamenco terbagi atas improvisasi dengan aturan-aturan ketat.

           Fungsi pementasan dari tari Flamenco sendiri biasanya digunakan sebagai tontonan hiburan maupun sebagai pertunjukan. Pada saat ini, kesenian Flamenco dipentaskan di panggung dengan iringan permainan gitar dan kastanyet pada pesta-pesta rakyat. Para pemainnya menari apa adanya ditambah dengan improvisasi sendiri.


          Pada kali ini saya akan memberikan penilaian terhadap salah satu video tari Flamenco yang berasal dari salah satu platform media sosial. Dari video dengan durasi 4:58 detik tersebut berisikan beberapa kompilasi tarian Flamenco yang dipentaskan di Festival New York City. Berikut adalah penilaian menurut unsur utama tari.

a. Wirama (irama)

Tarian yang ditunjukan memiliki ciri khas pola-pola hentakan kaki penari dengan latar belakang suara yang diciptakan sendiri oleh para penari lainnya. Dilakukan dengan tempo yang sesuai sehingga menciptakan sebuah irama yang indah. 

b. Wiraga (raga) 

Gerakan dilakukan oleh beberapa penari dengan semangat yang membara, terdapat juga beberapa tarian yang gerakannya hanya dilakukan oleh sebagian penari sisanya melakukan instrumen suara.

a. Wirasa (rasa)

Penari melakukan gerakan yang enerjik sehingga mampu menyampaikan perasaan semangat yang membara. Karakter yang dibuat oleh penari sendiri diantaranya seperti karakter elegan, artistik, dan eksotis.

         Sedangkan unsur pendukung dari tarian pada video tersebut diantaranya seperti ragam gerakan kaki, tepukan tangan, dan jentikan jari. Mereka melakukan iringan dengan pola gerakan tari yang sesuai dengan harmoni dan gerakan tari yang sesuai dengan frase musik. Kostum yang dipakai menyampaikan karakter yang eksotis, elegan, artistik, dan juga enerjik. 


Sumber: brainly.co.id

Komentar

Postingan Populer