Stereotip Wanita Berhijab Di Indonesia, Apa itu Stereotip?

Kata stereotip berasal dari bahasa Inggris stereotype, berarti penilaian atau anggapan terhadap seseorang berdasarkan kelompok sosialnya.

Menurut Dyah Gandasari dkk, dalam buku Pengantar Komunikasi Antarmanusia (2022), stereotip adalah salah satu bentuk prasangka antaretnis atau ras.

Seseorang cenderung membuat kategori atas karakteristik perilaku orang lain, yang didasarkan pada ras, jenis kelamin, kebangsaan, serta keterampilan komunikasi verbal maupun nonverbal.


Stereotip berkaitan dengan penilaian atau anggapan seseorang mengenai suatu hal, baik etnis, budaya, maupun kelompok etnis asalnya. Makna stereotip sendiri memiliki penjelasan sebagai suatu prasangka yang didasarkan pada penilaian atau anggapan berdasarkan karakteristik perilaku orang lain. Meliputi ras, jenis kelamin, suku bangsa, dan keterampilan komunikasi.


Kasus Stereotip Wanita Berhijab Di Indonesia


Dalam kasus ini wanita berhijab di Indonesia banyak dilabeli dengan 'ketidakmampuan' untuk melakukan beberapa hal karena dianggap tidak sesuai. Hal tersebut menciptakan perlakuan yang tidak adil bagi para wanita berhijab.

Komentar

Postingan Populer