Hal Dasar Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Desain

 

    Terkadang bagi kita para pemula membuat desain yaitu dengan mengikuti naluri saja, tapi sebenarnya dalam menciptakan komposisi desain yang pas terdapat beberapa tatanan yang perlu diperhatikan. Membuat desain sama halnya dengan menciptakan seni yang mengandalkan perasaan, namun berikut beberapa hal dasar yang sangat perlu diperhatikan dalam membuat desain.

1. Tipografi

    Tipografi adalah tatanan teks di dalam desain, atau bagaimana cara kita menata/menaruh teks. Menata teks dalam desain sangat diperlukan karena didalamnya akan menyalurkan pesan yang akan kita sampaikan. Kita perlu menata kalimat utama atau judul dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan sub teks.


2. Pemilihan Warna

    Warna menjadi hal kedua yang sangat perlu diperhatikan dalam mendesain, pilih warna sesuai dengan apa yang akan disampaikan. Juga mengenai kontras warna, jangan sampai menaruh lebih dari satu elemen dengan warna yang kontras/menyerupai warna sebelumnya, sehingga pesan yang akan disampaikan menjadi tidak konsisten nantinya.


3. Kesesuaian

    Ketika ingin mendesain poster promosi, buat poster tersebut sesuai dengan target yang diincar. Jangan membuat poster dengan nuansa formal untuk promosi makanan, hal tersebut tentunya akan merusak tatanan pesan yang akan disampaikan. Maka perlu untuk melihat kesesuaian desain yang akan dipakai nantinya.


    Nah itu tadi beberapa langkah untuk para pemula desain dalam menuju desain yang profesional. Ikuti terus artikel melalui blog saya, sampai jumpa kembali.

Komentar

Postingan Populer