Rekomendasi Menu Takjil Andalan Untuk Berbuka Puasa

    Saat bulan puasa Ramadhan biasanya dikenal dengan takjil, yaitu makanan pendamping untuk buka puasa. Tidak lengkap rasanya jika berbuka tanpa adanya takjil, baik itu yang manis maupun yang asin. Berikut beberapa menu takjil yang dapat kalian coba untuk berbuka di rumah.


1.  Kolak Pisang

    Menu andalan pertama yang dapat dibuat yaitu olahan pisang dengan kuah manis yang sangat mudah untuk dibuat. Biasanya kolak pisang juga ramai dijual saat bulan ramadhan, sehingga tidak susah untuk menemukannya.


2. Es Buah

    Es yang satu ini sangat menyegarkan untuk memanjakan dahaga setelah menahan lapar hingga maghrib tiba. Untuk pembuatannya sendiri sangat mudah dan cocok untuk dibua jika kalian sedang memiliki banyak macam buah-buahan di lemari pendingin.


3. Es Dalgona

    Minuman yang satu ini merupakan minuman yang sempat viral pada masa-masa awal pandemi, bahan untuk membuatnya juga sangat mudah hanya membutuhkan tiga bahan utama, yaitu kopi bubuk, susu putih, dan gula. Tentunya sangat menyegarkan untuk menemani takjil pembuka lainnya.


4. Gorengan

    Sebelum menjelang maghrib biasanya para pedagang kaki lima khususnya penjual gorengan sudah siap dengan macam-macam gorengannya yang dapat menemani buka puasa terasa lebih nikmat. Biasanya beberapa orang juga berbuka dengan makanan ringan seperti gorengan terlebih dahulu sebelum memakan makanan berat lainnya. Gorengan yang sangat mudah dibuat di rumah diantaranya seperti karoket, bakwan, dan pisang goreng.


5. Agar-Agar Rasa

    Makanan kenyal yang stau ini juga sangat cocok untuk menemani buka puasa kalian, rasanya yang manis dan kenyal sangat menyegarkan kerongkongan. Dapat juga disatukan dengan es buah atau minuman manis lainnya.


6. Martabak Telur

    Biasanya martabak telur cocok dinikmati saat malam hari, namun makanan tebal berisi telur yang satu ini juga sangat cocok untuk mendampingi makanan bukaan kalian. Sebagai lauk pauk untuk nasi juga sangat cocok.


7. Tahu Goreng Isi

    Tahu dengan isian sayuran ini juga sangat nikmat untuk dijadikan sebagai pendamping bukaan, biasanya diisi dengan isian yang pedas sehingga menciptakan cita rasa yang lebih mantap. 

Komentar

Postingan Populer