Rekomendasi Wisata Rp.0 Di Jakarta Pusat

     DKI Jakarta merupakan ibu kota Republik Indonesia yang terbagi menjadi lima wilayah kota, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Tak ayal jika di kota metropolitan ini terdapat banyak sekali fasilitas maupun berbagai macam wisata yang dapat kita nikmati, bahkan tak sedikit para wisatawan yang berasal dari luar kota rela untuk datang ke Jakarta hanya untuk berwisata.

    Sama halnya dengan Jakarta Pusat, tempat wisata di Jakarta Pusat mempunyai perbedaan dengan tempat wisata yang berada di tempat lain. Jakarta Pusat memang dikenal dengan berbagai gedung dan bangunan pemerintahan yang berjejer rapih, tapi sebenarnya banyak sekali wisata dan destinasi yang bisa kita nikmati, seperti yang akan dibahas pada artikel ini, bahkan beberapa wisata tersebut dapat dinikmati tanpa merogoh kocek sedikit pun. Penasaran apa saja tempatnya? Yuk, simak artikel ini sampai akhir!


1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Gedung Perpustakaan Nasional RI.jpg

Alamat: Jl. Medan Merdeka Sel. No.11, RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

    Tempat pertama yang dapat dikunjungi yaitu Perpustakaan, dengan bermodalkan ponsel untuk mengakses aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk tempat ini sudah cukup. Ketika mengakses beberapa fasilitas keanggotaan, diperlukan kartu anggota yang dapat dibuat secara daring melalui situs www.perpusnas.go.id .
    Buku yang disediakan disini juga terdapat berbagai macam jenisnya, bahkan untuk kanak-kanak pun tersedia di Perpustakaan dengan 20 lantai ini. Suasana yang senyap dan tidak bising mampu menjadi tempat untuk belajar yang sangat efektif. Di lantai teratas yaitu lantai 20 terdapat tempat ikonik yang sangat menarik untuk dirasakan bagi para pengunjungnya, dimana kita bisa melihat pemandangan Jakarta Pusat secara luas dan mampu memberikan pengalaman dengan kesan yang menyegarkan.


2. Galeri Nasional Indonesia

Suasana Pameran di Galeri Nasional.jpg

Alamat: Jl. Medan Merdeka Tim. No.14, RT.6/RW.1, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

    Destinasi Rp. 0 selanjutnya yaitu galeri seni dengan berbagai macam karya yang dapat kita nikmati didalamnya, galeri yang berlokasikan tak jauh dari Monas ini terdapat pameran tetap yang menampilkan karya-karya seni rupa modern maupun kontemporer koleksi negara mulai dari era 1800an hingga masa kini.
    Untuk datang ke tempat ini diperlukan reservasi secara daring yang dapat dilakukan melalui linktr.ee/galnas. Reservasi dilakukan beberapa hari sebelum waktu kedatangan untuk mencegah habisnya kuota harian yang disediakan untuk para pengunjung. Lokasi Galeri Nasional sendiri tidak jauh dari Perpustakaan Nasional, hanya membutuhkan waktu  tempuh sekitar 11 menit dengan berjalan kaki. Destinasi ini dapat menjadi penyegar mata sekaligus tempat wisata yang cocok untuk dihabiskan bersama teman maupun kerabat.


3. Taman Ismail Marzuki

Fasilitas di Taman Ismail Marzuki.jpg

Alamat:
 8, Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330

    Taman Ismail Marzuki ini merupakan tempat pusat kesenian yang didalamnya terdapat beberapa destinasi yang masuk kedalam daftar wajib untuk dikunjungi. Mungkin sebagian orang mengetahui Taman ini yang lebih identik dengan destinasi Planetarium yang saat kini sedang dalam tahap renovasi sehingga tidak bisa dikunjungi.
    Tetapi tenang, destinasi ini tak hanya satu namun masih terdapat destinasi yang tak kalah menarik seperti perpustakaan, yang dibatasi hanya berjumlah 300 pengunjung setiap harinya, maka dari itu diperlukan untuk reservasi sebelum waktu kunjungan yang dapat dilakukan melalui situs perpustakaanjakarta.go.id. Perpustakaan ini sangat cocok untuk mengerjakan tugas maupun kegiatan lainnya bagi pengunjung yang tidak terlalu suka tempat yang sepi, selain itu suasananya juga sangat membuat nyaman dengan koleksi literatur yang tak kalah banyak.
    Selain perpustakaan, terdapat juga pameran seni yang dapat dikunjungi sesuai dengan pameran yang sedang diadakan pada waktu kunjungan, untuk pameran ini biasanya tidak diperlukan reservasi.


Nah, itulah beberapa wisata yang wajib untuk dikunjungi di Jakarta Pusat yang pastinya sangat menarik untuk dikunjungi. Sebelum bertemu kembali di artikel selanjutnya, bisa bagikan komentar mengenai wisata mana yang menarik perhatian kalian dari 3 tempat yang sudah disebutkan.

Untuk referensi tambahan bisa juga melihat vlog berikut melalui kanal saya.



Komentar

Postingan Populer